Langsung ke konten utama

“It’s not my day”. No, Everyday is our day!


Setiap dari kita pasti pernah mendengar teman, rekan kerja, atau orang lain mengatakan “it’s not my day” atau ini bukan hari nya saya.

Tidak perlu mengambil contoh dari orang lain, mungkin kita sendiri juga pernah berucap seperti itu. Biasanya ungkapan ini akan muncul setelah kita gagal dalam memperoleh sesuatu hal yang kita ingin atau harapkan. Kecewa sudah pasti kita rasakan. Namun sadarkah kita bahwa ungkapan it’s not my day tersebut sepenuhnya hanya membuat kita semakin terpuruk dalam kekecewaan, bahkan bisa sampai putus asa.

Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang bisa kita lakukan agar semua hari itu adalah harinya kita, Everyday is our day.

1. Selalu rencanakan aktivitas yang ingin dikerjakan 
Dalam keseharian sudah pasti ada aktivitas-aktivitas yang mungkin rutin atau hanya sesekali untuk dilakukan. Ada yang berpikir hanya sekedar melaksanakan aktivitas tersebut dan ada pula yang dengan serius menjalaninya. Tergantung dari sudut mana kita berpikir. Tetapi menulis sebuah rencana aktivitas adalah hal penting untuk kita lakukan. Tulislah rencana tersebut sebelum kita tidur. Dengan melakukan ini, saat bangun tidur kita tahu betul apa yang harus kita capai sehingga kita akan menjadi lebih produktif dan yang kita lakukan akan lebih efektif.

2. Tulis semua rencana dalam mini notes
Sebagai manusia pasti kita pernah lupa. Jangan sampai apa yang ingin kita capai hari ini menjadi tidak terlaksana hanya karena kita lupa. Oleh karena itu, rencana aktivitas baiknya ditulis dalam mini notes agar lebih mudah dibawa. Saat lupa, tinggal dilihat kembali pada mini notes. Dengan demikian kita akan lebih terarah untuk melakukan aktivitas yang ingin dicapai.

3. Tutup mata dan bayangkan kita sedang mengerjakan semua aktivitas yang direncanakan
Jika rencana aktivitas yang ingin dicapai esok hari sudah selesai ditulis, maka selanjutnya yang baik kita lakukan adalah membayangkan bahwa kita sedang melakukan semua rencana tersebut. Hal ini berguna agar kita bisa memprediksi apakah hal yang ingin kita capai bisa dilaksanakan dengan mulus, sekaligus meminimalisir timbulnya hambatan-hambatan yang membuat kita gagal untuk melaksanakan aktivitas yang ingin dicapai. Selain itu, kita akan lebih siap menghadapi dan menjalani hari esok.

4. Segera tandai rencana yang sudah kita kerjakan, jangan ditunda
Bagi kita yang ingin melihat sejauh mana keberhasilan dari rencana yang ingin dicapai sebenarnya bisa dilihat dari list rencana yang sudah ditulis. Oleh karena itu, hindari untuk menunda-menunda pemberian tanda atau checklist pada rencana yang sudah dilaksanakan. Ingat, kita bisa saja lupa padahal ada beberapa rencana yang mungkin sudah kita laksanakan. Jadi, segera tandai rencana dalam list setelah melaksanakannya.

5. Beri keterangan jika ada hambatan untuk terlaksananya rencana
Dalam mencapai sesuatu pasti selalu saja ada hambatan atau kendala yang menyertai. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai batasan untuk kita mencapainya. Kita harus tetap optimis bahwa kita bisa. Jika dalam melakukan aktivitas yang sudah direncanakan kita menjumpai hambatan, maka hal penting yang harus kita lakukan adalah membuat catatan kecil di sebelah/di bawah list rencana aktivitas tersebut. Catatan ini akan menjadi PR untuk kita, apakah rencana tersebut perlu dihapus atau bisa dimodifikasi. Sebenarnya semakin sering kita menemukan hambatan, maka kita akan semakin dituntut untuk lebih kritis mencari solusi dan ini sangat baik untuk perkembangan kita.

6. Selalu perbaiki rencana yang gagal
Bagaimana kamu hari ini? Bagaimana aktivitas kamu hari ini? Apakah hari ini lebih baik dari hari kemarin? Apa yang akan kamu lakukan esok hari? pertanyaan-pertanyaan ini hanya kita sendiri yang bisa menjawab. Bagi kita yang menulis rencana aktivitas tentu akan sangat mudah menjawab semua pertanyaan ini. Mengapa? karena semua jawabannya bisa kita simpulkan dari list rencana yang sebelumnya kita tulis dalam mini notes. Checklis aktivitas yang berhasil kita capai pada mini notes akan menjadi reward tersendiri bagi kita, dan aktivitas yang belum tercapai karena adanya hambatan perlu kita perbaiki dan cari solusinya.

Demikian beberapa hal penting yang bisa kita lakukan agar semua hari itu adalah harinya kita. Berjalan lancar atau tidak semua rencana yang kita susun, hari ini tetaplah hari kita, Everyday is our day.  Karena dari kegagalan dan keberhasilan yang kita peroleh ada usaha keras yang sudah kita lakukan. Gagal-perbaiki-coba lagi.

Komentar

Postingan Populer

Tahukah Kamu?

Sering Broadcast? Baca ini sebelum mengirim!